in

Tebing 50 Meter Longsor di Pringamba Sigaluh Banjarnegara

Menimpa Satu Rumah

BESKEM BANJARNEGARA – Telah terjadi bencana tanah longsor, di Desa Pringamba, Dukuh Kaligintung, RT 03 RW 02, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara., Ahad 7 Maret 2021.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun material longsoran tersebut mengakibatkan putusnya akses Jalan Usaha Tani (JUT), menimpa sebagian rumah yang di huni oleh 2 (dua) orang milik Karsono (60th), serta sungai sarangan yang dijadikan sebagai tempat pemandian umum oleh warga setempatpun rusak, karena turut tertimbun material longsoran tersebut.

Pemerintah desa bersama warga dan ormas setempat membantu Karsono beserta istrinya, untuk diungsikan ke tempat yang lebih aman. Dan warga juga bergotong royong untuk memindahkan barang-barang miliknya, karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Kronologi Kejadian. Pada hari Ahad 7 Maret 2021, terjadi hujan dengan intensitas lebat, pada pukul 15.00 hingga pukul 16.00 WiB. Sehingga pada pukul 16.50 mengakibatkan tebing setinggi ±50 meter dengan lebar ±30 meter longsor dan mengancam pemukiman warga.

Hingga saat ini material longsoran tersebut belum dapat dibersihkan, karena masih terjadi hujan sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

Menurut Pengurus Ormas setempat yang membantu mengevakuasi korban di lokasi, pembersihan material longsor dilakukan besok.

“pembersihan material longsoran, akan di lakukan besok, mengingat intensitas hujan masih cukup tinggi, sehingga kami khawitrkan terjadi longsor susulan” ucapnya.

“Namun kita membutuhkan tambahan personil dan alat yang memadahi untuk membersihkan material longsor tersebut besok, dan kami sudah menyampaikan informasi tersebut kepada BPBD Kabupaten Banjarnegara” tambahnya.

(Sumber)

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0