in

Ratusan Relawan Bergerak Membersihkan Telaga Merdada dari Eceng Gondok

Salam Tangguh Buat Semua Relawan

BESKEM BANJARNEGARA – Telaga Merdada dataran tinggi Dieng pada Sabtu 27 Maret 2021 dipenuhi ratusan relawan dari berbagai unsur mekakukan aksi pembersihan eceng gondok. Para relawan bahu membahu membersihkan sampah dan tanaman penganggu yang banyak tumbuh liar di telaga tersebut.

Hamparan eceng gondok hampir menutupi Telaga Merdada yang berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah menjadi tumbuhan liar yang memiliki kecepatan berkembang membuat telaga keruh dan mengganggu kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara, Andri Sulistyo mengatakan, dalam kegiatan tersebut sedikitnya lebih dari 500 personel gabungan dari relawan, tim SAR, serta organisasi relawan lain terjun langsung dan terlibat dalam pembersihan telaga.

“Yang melakukan ini dari relawan gabungan, termasuk tim SAR Banjarnegara serta relawan dari Kabupaten Wonosobo. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan perahu dan alat bantu lainnya,” kata Andri.

Menurutnya, keberadaan eceng gondok ini jelas sangat menganggu, selain kotor, keberadaan tanaman liar ini jika terus dibiarkan akan menambah kendangkalan telaga, padahal selain untuk wisata, telaga ini juga menjadi sumber air bagi pertanian di dataran tinggi Dieng.

“Ini bentuk kepedulian para relawan, apalagi telaga ini juga menjadi salah satu objek wisata yang ada di dataran tinggi Dieng,” katanya.

Setiap tahun, Telaga Merdada ditumbuhi tanaman liar eceng gondok. Pertumbuhan cepat tanaman tersebut sering merepotkan pihak penglola kawasan objek wisata, sebab telaga menjadi keruh dan berpotensi mengurangi kunjungan wisatawan, sambung Andri (Sumber)

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0