in

Muhammadiyah Mengecam Keras Peledakan Bom di Makassar

Siapapun Pelakunya Sangatlah Biadab

BESKEM – Hari ini Ahad 28 Maret 2021 tiba-tiba dikejutkan dengan adanya kabar dugaan peledakkan bom di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Dari kabar yang beredar ada satu korban meninggal dunia.

Aksi bom dan segala bentuk kekerasan yang dapat menimbulkan ketakutan dan juga menimbulkan korban nyawa manusia, siapapun pelaku dan apapun motifnya merupakan tindakan yang tidak beradab dan merusak nilai-nilai luhur kemanusiaan. Dikutip dari akun Twitter resmi @muhammadiyah.

Muhamnadiyah mengecam keras aksi peledakkan bom tersebut. Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, melalui utas di akun Twitter resmi @HaedarNs mengungkapkan keperihatinannya.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengecam keras dan sangat prihatin dengan peledakan bom di depan Gereja Katedral di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad 28 Maret 2021.

Segala bentuk kekerasan yang menimbulkan ketakutan, kekacauan, serta mengancam dan mengorbankan nyawa manusia, papun motif dan tujuannya serta oleh siapapun pelakunya sangatlah biadab.

Kami meminta pihak kepolisian hendaknya mengusut tuntas siapa dan apa motif peledakan bom tersebut, bila perlu investigasi jaringan dan aktor di balik teror yang anarkis tersebut.

Kepada masyarakat luas hendaknya tenang dan tidak mengembangkan berbagai prasangka atau asumsi yang dapat mengaburkan kasus bom yang tidak berperikemanusiaan dan tidak beradab tersebut.

Meski terjadi di depan rumah ibadah, jangan sertamerta mengaitkan tindakan bom tersebut sebagai terhubung dengan agama dan golongan umat beragama tertentu.

Boleh jadi tindakan bom tersebut merupakan bentuk adudomba, memancing di air keruh, dan wujud dari perbuatan teror yang tidak bertemali dengan aspek keagamaan.

Semua pihak mesti waspada dan seksama, di satu pihak jangan menganggap enteng masalah, di pihak lain tidak memperkeruh keadaan atas kejadian bom di kota Makassar tersebut.

Perkuat saling pengertian dan kebersamaan antarsemua golongan di negeri ini, serta jauhi benih saling curiga dan prasangka satu sama lain demi keutuhan dan persatuan Indonesia yang kita dambakan bersama.

Haedar Nashir on Twitter: “Segala bentuk kekerasan yang menimbulkan ketakutan, kekacauan, serta mengancam dan mengorbankan nyawa manusia, papun motif dan tujuannya serta oleh siapapun pelakunya sangatlah biadab. / Twitter”

Segala bentuk kekerasan yang menimbulkan ketakutan, kekacauan, serta mengancam dan mengorbankan nyawa manusia, papun motif dan tujuannya serta oleh siapapun pelakunya sangatlah biadab.

Muhammadiyah on Twitter: “Aksi bom dan segala bentuk kekerasan yang dapat menimbulkan ketakutan dan juga menimbulkan korban nyawa manusia, siapapun pelaku dan apapun motifnya merupakan tindakan yang tidak beradab dan merusak nilai-nilai luhur kemanusiaa.#Muhammadiyah #BomMakassar #Islam pic.twitter.com/qAq5QZA7q6 / Twitter”

Aksi bom dan segala bentuk kekerasan yang dapat menimbulkan ketakutan dan juga menimbulkan korban nyawa manusia, siapapun pelaku dan apapun motifnya merupakan tindakan yang tidak beradab dan merusak nilai-nilai luhur kemanusiaa.#Muhammadiyah #BomMakassar #Islam pic.twitter.com/qAq5QZA7q6

Ungkapan keperihatinan juga diserukan oleh Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah lewat utas di akun Twitter resminya @Abe_Mukti.

Kami sangat prihatin atas peristiwa bom bunuh diri di Katedral di Makassar.

Siapapun pelakunya dan apapun motifnya tindakan tersebut bertentangan dengan ajaran semua agama dan hukum negara. Polisi hendaknya mengungkap tuntas identitas pelaku.

Masyarakat hendaknya tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh berbagai isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat hendaknya percaya kepada kepolisian dan tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

Kami menyampaikan belasungkawa kepada mereka yang meninggal dunia. Semoga beristirahat dengan tenang, keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

Kepada kepolisian agar meningkatkan keamanan dan pengamanan fasilitas publik khususnya tempat ibadah agar peristiwa serupa tidak terjadi di tempat lainnya di seluruh tanah air.

Abdul Mu’ti on Twitter: “Kami sangat prihatin atas peristiwa bom bunuh diri di Katedral di Makassar.Siapapun pelakunya dan apapun motifnya tindakan tersebut bertentangan dengan ajaran semua agama dan hukum negara. Polisi hendaknya mengungkap tuntas identitas pelaku. / Twitter”

Kami sangat prihatin atas peristiwa bom bunuh diri di Katedral di Makassar.Siapapun pelakunya dan apapun motifnya tindakan tersebut bertentangan dengan ajaran semua agama dan hukum negara. Polisi hendaknya mengungkap tuntas identitas pelaku.

Berikut video yang sudah beredar luas di media sosial terkait dugaan pemboman di Makassar, Sulawesi Selatan.

txtfromsupirpete2 on Twitter: “video dari cctv sekitar gereja katedral makassar pic.twitter.com/za5ztbo2x5 / Twitter”

video dari cctv sekitar gereja katedral makassar pic.twitter.com/za5ztbo2x5

txtfromsupirpete2 on Twitter: “pengakuan warga yg menjadi korban dari ledakan bom bunuh diri di gereja katedral makassar pic.twitter.com/KFncIKJzp2 / Twitter”

pengakuan warga yg menjadi korban dari ledakan bom bunuh diri di gereja katedral makassar pic.twitter.com/KFncIKJzp2

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0