in

Menteri Pendidikan Nadiem Menjawab 0 Saat Ditanya Soal Matematika 1 + 1 x 0

Kali Bagi Tambah Kurang

BESKEMKU.COM – Bapak dan Ibu Guru jaman dulu pernah mengajarkan rumus dasar matematika, yaitu dengan singkatan pipolondo yang kepanjangannya ping poro lan sudo, artinya kali (x) bagi (/) tambah (+) kurang (-).

Saat live di Instagram, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dengan influencer Jerome Polin pada Senin 29 Maret 2021 malam, sempat ada hal menarik seputar persoalan matematika dasar.

Jerome melontarkan pertanyaannya sederhana soal matematika 1 + 1 x 0. Ketentuannya harus dijawab cepat. Saat itu Mas Menteri Nadiem terkecoh dan jawabannya salah.

“Mas Menteri, tolong jawab dengan cepat ya Mas, 1 + 1 x 0?” Tanya Jerome.

“Nol (0),” jawab Nadiem.

Jerome Polin tersenyum. Lalu mencoba menyakinkan Nadiem dengan mengulang pertanyaan, 1 + 1 x 0. Akhirnya, Nadiem sadar bahwa jawabannya salah dan lantas mengoreksinya.

“Harusnya satu ya, aduh. Jadi satu sama nol nya duluan, baru nol ditambah satu jadi satu. Tricky banget sih,” ungkap mantan CEO Gojek ini.

Dalam kasus soal yang diberikan Jerome kepada Nadiem memang ada dua kemungkinan jawaban. Ada kemungkinan jawab 0 dan 1. Jawaban nol (0) ditemukan dengan penyelesaian 1 + 1 = 2, kemudian, 2 x 0 = 0. Sementara untuk jawaban 1, dimulai dari 1 x 0 = 0, kemudian 1 + 0 = 1.

Jadi, mana yang benar? Jawaban yang benar adalah; 1 (satu). Tidak percaya? Silakan dicoba sendiri secara manual atau pakai kalkulator. Jawabannya tetap satu (1).

Saat melakukan operasi aritmatika hanya ada satu jawaban yang benar. Dibutuhkan seperangkat aturan untuk menghindari kebingungan semacam ini, karena jawaban matematika dalam perhitungan itu umumnya mutlak dan tunggal.

Menurut kesepakatan ahli matematika dalam kasus ini, maka jika tidak ada tanda kurung dalam soal itu, perkalian harus dilakukan terlebih dahulu dengan urutan dari kiri ke kanan, kemudian setelah perkalian selesai, lakukan penjumlahan.

Dalam penyelesaian soal matematika, ada teknik operasi dasar perhitungan, dengan urutan yang dikerjakan terlebih dulu adalah perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan. Berikut aturan dasar kalkulasi yang melibatkan lebih dari satu operasi aritmatika.

  1. Aturan 1: Dahulukan penghitungan apa pun di dalam tanda kurung.
  2. Aturan 2: Selesaikan semua perkalian dan pembagian, kerjakan dari kiri ke kanan.
  3. Aturan 3: Kerjakan semua penambahan dan pengurangan, lakukan dari kiri ke kanan.

(Sumber)

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0