in

Masjid At-Tanwir Menjadi Upaya Muhammadiyah sebagai Organisasi Pencerah dan Membangun Islam yang Berkemajuan

Rumah Ibadah Ramah Lingkungan

BESKEM – Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Kamis 11 Maret 2021 meresmikan Masjid At-Tanwir Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jakarta.

Hadir secara daring Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini serta hadir secara langsung Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Menteri BUMN Erick Tohir, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Anggota BPKH Rahmat Hidayat.

Abdul Mu’ti dalam sambutannya mengatakan Masjid ini merupakan generasi baru Masjid Muhammadiyah. Selain itu, masjid ini sesuai dengan namanya At-Tanwir menjadi upaya Muhammadiyah sebagai organisasi pencerah dan membangun Islam yang berkemajuan.

Mu’ti juga menjelaskan bahwa Masjid ini konstruksinya dirancang ramah lingkungan.

“Masjid At-Tanwir menggunakan teknologi sel surya dan daur ulang air wudhu untuk menyiram taman dan toilet,” tutur Mu’ti.

Keberadaan Masjid At-Tanwir juga diharapkan Mu’ti dapat melayani masyarakat yang ada di sekitar kompleks Gedung Dakwah Muhammadiyah.

“Masjid ini tidak hanya dikhususkan untuk tempat ibadah karena dilengkapi perpustakaan dan gedung serbaguna yang bisa digunakan untuk kajian, diskusi dan pertemuan,” imbuhnya.

Masjid At-Tanwir memiliki enam lantai. Lantai satu digunakan untuk tempat wudhu dan taman. Lantai dua dan tiga untuk tempat shalat pria, sementara lantai empat untuk tempat shalat wanita. Kemudian lantai lima dan enam digunakan untuk Perpustakaan Muhammadiyah, tempat kajian, diskusi, pertemuan dan ruang serba guna.

(Sumber)

JavaScript is not available.

Alhamdulillah, Masjid At-tanwir PP Muhammadiyah telah diresmikan. Semoga selalu membawa manfaat bagi umat dan bangsa.#Muhammadiyah #Masjid #AtTanwir pic.twitter.com/7rhTBVVPUr

 

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0