in

Kronologi dan Visual Kebakaran Pasar Kota Banjarnegara

Api Nampak dari Lantai Dua

BESKEM BANJARNEGARA – Kebakaran terjadi di pasar induk Banjarnegara pada hari Kamis 11 Maret 2021, sekitar pukul 18.00 WIB, saat turun hujan.

Kobaran api nampak menyambar dari lantai dua bangunan pasar. Sekitar 250 kios hangus terbakar.

Informasi dari akun Instagram @kabupatenbanjarnegara

Telah terjadi kebakaran hebat di Pasar Induk Kabupaten Banjarnegara Jl. Letnan Kardjono Kamis tanggal 11 Maret 2021 pada pukul 18.00 WIB yang diduga akibat korsleting listrik.

Harsono, (48 Tahun) dan Sujito, (59 Tahun), sebagai petugas jaga malam mengatakan pada pukul 18.00 diberitahu oleh Ny. Wahyu Siti bahwa salah satu kios terdapat adanya konsleting listrik, yakni kios penjual jajanan anak-anak yang berlokasi di sebelah barat daya lantai dua pasar.

Harsono mengatakan, Hanya beberapa menit saja, setidaknya 250 kios ikut terlalap api yang semakin membesar sehingga dua unit mobil pemadam kebakaran dari damkar Banjarnegara yang datang 5 menit setelah ada laporan kewalahan melakukan penanganan.

Bupati Budhi Sarwono, Wakil Bupati Syamsudin, Sekda Indarto, Dandim Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara turun langsung ke lapangan untuk meninjau lokasi.

Sampai pukul 21.30 WIB api belum berhasil dijinakkan meskipun sejumlah bantuan pemadam kebakaran dari damkar Wonosobo, damkar Purbalingga damkar Banyumas bahkan damkar Temanggung sudah ikut membantu.

(Sumber)

Informasi sementara yang beredar di grup WhatsApp, sebagai berikut:

Mohon izin melaporkan pada hari Kamis tgl. 11 Maret 2021 sekitar pukul 18.00 WIB di Pasar Induk Kab. Banjarnegara Jl. Letnan Kardjono Kp. Timur Pasar RT 02/05 Kel. Krandegan Kec./Kab. Banjarnegara telah terjadi Kebakaran yang diduga Akibat Korsleting Listrik.

Saksi saksi :
1. Harsono, 48 Th, PTT Disperkindakop UMKM Kab. Banjarnegara (Jaga Malam) Alamat Timur Pasar RT 02/05 Kel. Krandegan Kac./Kab. Banjarnegara.

2. Sujito, 59 Th, THL (Jaga Malam) , Alamat Krandegan RT 03/03 Kec./Kab. Banjarnegara.

Kronologis kejadian :
Saksi 1 menyampaikan pukul 18.00 WIB saat berada di rumah yang lokasinya tidak jauh dari TKP, saksi diberitahu oleh Ny. Wahyu Siti bahwa salah satu Kios terdapat adanya konsleting listrik yakni kios sdr. Novi Penjual Jajanan anak anak yang berlokasi di sebelah barat daya lantai 2 Pasar. Kemudian saksi 1mendatangi lokasi terjadinya konsleting listrik namun sesampainya dilokasi api sudah mulai membesar dan membakar seisi kios, saksi 1 dan beberapa orang pasar serta jaga malam berusaha memadamkan api dengan alat seadanya karena keterbatasan peralatan pemadam kebakaran. Lalu saksi pukul 18.15 WIB saksi berusaha menghubungi kepala UPT Pasar Induk dan Sekdin Disperindakop dan UMKM Kab. Banjarnegara, namun tidak mendapatkan respon yang jelas. Selanjutnya saksi 1 menghubungi dr. Amalia Desiana (Ketua PMI Kab. Banjarnegara) melalui vidio call Whatsaap mengabarkan pasar Induk Kab. Banjarnegara terbakar, kemudan selang 5 menit 2 unit Damkar tiba dilokasi namun demikian tidak sanggup memadamkan api yang sudah menjalar ke seluruh area utara pasar. Pukul 18.45 WIB datang 1 lg unit Damkar berada di sebelah utara Pasar Induk mencoba memadamkan Api namun belum juga berhasil. Hingga pukul 19.50 WIB Pemadam Kebarakaran dan Warga Masyarakat sekitar serta para pedagang masih bergotong royong untuk memadamkan api dan menyelamatkan barang dagangan yang masih bisa diselamatkan.

Tindakan yang diambil :
1. Mendatangi TKP.
2. Mendata Saksi saksi
3. Mengamankan TKP
4. Berkoordinasi dengan semua komponen terkait untuk mencoba memadamkan api.

Kondisi wilayah Kota  Kab. Banjarnegara sampai dengan saat ini masih diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Akibat kejadian tersebut :
1. Keruguan jiwa : Nihil.
2. Kerugian materiil: seluruh Kios dan Los dilantai 2 Pasar Induk Kab. Banjarnegara terbakar habis namun kerugian belum dapat ditaksir. Inafis dan pihak terkait sedang melaksanakan pengumpulan bahan keterangan sampai menunggu api padam.

Demikian dilaporkan , perkembangan akan kami laporkan pada kesempatan pertama.

DUMP

JavaScript is not available.

Pasar Banjarnegara kebakaran, semoga tidak ada korban jiwa pic.twitter.com/UIUaymlkzi

No Title

19.54 #InfoSonoraTerjadi kebakaran di Pasar Induk Banjarnegara, tepatnya di Lantai 2 (Los Sayur Mayur). penyebab kebakaran belum diketahui. tidak ada korban jiwa. (Via Bp Jasman) pic.twitter.com/mYms5O3OvW

JavaScript is not available.

Pasar Kota Banjarnegara 🔥Semoga tidak ada korban jiwa pic.twitter.com/rsY0SARANP

JavaScript is not available.

Hinggap pukul 01:09 petugas pemadam kebakaran dibantu BPBD dan damkar beberapa kabupaten ikut memadamkan api di pasar Banjarnegara. pic.twitter.com/agzdwjGiok

JavaScript is not available.

Setelah 7 jam proses pemadaman dibantu BPBD, PMI, TNI, dan semua relawan serta beberapa unit damkar dari Wonosobo, Purworejo, Banyumas,Purbalingga akhirnya kebakaran di pasar Induk Banjarnegara Padam.via @Jateng_Twitpic.twitter.com/Ia0HaAtA69

JavaScript is not available.

Kondisi pasar Banjarnegara tadi pagi 12 Maret’21. Diduga konslet liatrik dari lapak.mbak Novi dulu, bagian atas utara barat. Dua lantai remuk. Sebagian saja yang masih selamat. pic.twitter.com/h5r4RUOPAH

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Loading…

0